Uncategorized

Aliansi Dosen Muda UINAM Kecam Perazia Buku di Makassar

Makassar,-  Aliansi Dosen Muda UINAM mengecam dengan keras razia buku yang dilakukan oleh salah satu kelompok masyarakat yang mengatasnamakan agama.

Kecaman ini disampaikan secara langsung oleh Dr. Zulhas’ari Mustafa yang merupakan inisiator dalam forum diskusi tersebut. Forum diskusi ini Dilaksanakan pada hari senin tanggal 5 Agustus 2019 dan dihadiri oleh para dosen muda UINAM di Cafe Al Muawanah, KPN UINAM.

Dewan pakar Lakpesdam NU Sulsel ini juga menyatakan bahwa razia tersebut pada dasarnya menghianati semangat literasi yang saat ini sedang marak-maraknya digalakkan dan dikonsolidasikan.

Salah satu peserta diskusi dalam forum tersebut, Muh. Abdi Goncing juga mengatakan razia tersebut pada dasarnya dilakukan oleh orang-orang yang sama sekali tidak mengetahui seluk beluk Marxisme dan Leninisme sebagai suatu pengetahuan.

“Dalam perguruan tinggi seperti UINAM menjadi bahan kajian dalam kritik ideologi. Hal tersebut tercermin dari buku-buku yang dirazia pada saat razia tersebut, dimana terdapat buku Romo Franz Magnis-Suseno yang isinya mengkritik ideologi Leninisme,” jelasnya.

Sementara dosen muda dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UINAM, Awal Muqsith, mengatakan para pelaku razia buku tersebut sangat mungkin belum pernah belajar atau membaca tentang pemikiran dan filsafat serta dinamika yang terjadi dalam diskursus kefilsafatan.

“Razia tersebut menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pengetahuan kita sebagai umat Islam masih sangat jauh dari yang namanya moderasi dalam pemahaman keagamaan.” Tambah Penanggung jawab Klinik Deradikalisasi-Laboratorium IPOL UINAM ini.

Most Popular

To Top